Minggu, 01 April 2012

SEMINAR.GUNADARMA




Nama   : Erna Rohmawati
Kelas   : 2IA11
Npm    : 52410414


Salam untuk para pembaca blog sekalian,
Dalam penulisan kali ini saya akan mereview sebuah web yang ada di Universitas Gunadarma,yaitu http://seminar.gunadarma.ac.id/v2 .








Secara umum web ini memberikan informasi mengenai beberapa seminar atau workshop yang diadakan oleh universitas gunadarma itu sendiri.Web ini juga memberikan beberapa materi yang bisa didownload oleh siapa saja baik untuk referensi maupun persiapan untuk mengikuti seminar atau workshop yang terkait.
Kali ini saya akan menerangkan apa saja yang bisa kita ketahui dari website tersebut,mulai dari jenis web yang digunakan, desain web tersebut, accessibility ,dan usabilitynya.
                                                             
JENIS WEB
Sebelum membahas jenisnya, Pengertian dari web itu sendiri adalah suatu system di internet yang saling terhubung satu sama lain dimana antara pengguna web satu dengan yang lainnya dapat saling menyebarkan informasinya secara cepat dan mudah.Dan untuk mengakses informasi yang sudah tersedia tersebut,diperlukan aplikasi perangkat lunak yang disebut dengan web browser.Kemudian setelah mengetahui pengertian dari web tersebut,kita perlu mengetahui jenis-jenisnya agar perbedaan antara web satu dengan yang lainnya bisa kita bedakan secara sepsifik.Jenis web itu terbagi menjadi dua antara lain:
  • JENIS WEB STATIS   
Secara umum bisa dikatakan web statis adalah web yang dibuat sedemikian rupa sehingga isi yang ada tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs tersebut dilakukan secara manual.Dengan demikian, web dengan jenis ini bisa kita lihat dari informasi yang diberikannya.Apabila informasi yang diberikan sudah lama tak berubah,atau tidak up to date maka sudah bisa dikatakan web itu adalah web statis.Jenis web seperti ini biasanya dibuat dengan maksud agar pembuat web tidak kerepotan dalam mengupdate informasi atau berita-berita yang ada.


  •  JENIS WEB DINAMIS
Lain halnya dengan web dinamis,web dengan jenis ini secara spesifik didesain agar isi yang terkandung dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah.Sesuai dengan namanya,isi dalam web tersebut tersebut akan berubah dalam periode tertentu.Mengapa demikian?karena web dengan jenis ini biasanya digunakan untuk menampilkan informasi secara cepat atau up to date.Untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi para pengunjung web,dibutuhkan website yang selalu memberikan informasi dengan cepat sesuai dengan kejadian yang ada dilingkungan sekitar kita.Sehingga,web terciptalah web dengan jenis dinamis ini.

Jadi,apakah jenis dari web http://seminar.gunadarma.ac.id/v2 ini?
Berdasarkan pengamatan saya,website yang ada di http://seminar.gunadarma.ac.id/v2  adalah website “Statis”.
Bila diamati dengan jelas,web tersebut memberikan informasi hanya dalam jangka-jangka tertentu saja bukan perhari atau perbulannya.Web ini hanya memberikan informasi apabila ada seminar atau workshop yang diadakan oleh pihak terkait,Sehingga apabila para pembaca mengharapkan berita baru setiap harinya itu tidak mungkin dilakukan karena informasi yang diberikan tidak bersifat up to date.






Bisa dilihat pada gambar diatas,informasi yang diberikan terakhir adalah pada tanggal 20 maret.Dimana bulan sekarang sudah mencapai bulan April.2012.


-DESAIN WEB
Berbicara mengenai desain web,tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan,antara lain:

A.LAYOUT(TATA LETAK)


Bila kita berbicara mengenai tata letaknya,hal yang harus diperhatikan adalah apakah web tersebut terlihat berantakan atau tidak dalam penempatan gadget-gadget yang ada.

Untuk penempatan judul website, pembuat web memberikan ruang lebih besar dalam gadgetnya agar pengunjung web bisa mengetahui apa yang dibahas dari web tersebut. Kemudian untuk gadget home,pendaftaran,gallery,dan download dibawahnya,agar pengunjung web bisa langsung menuju menu yang diinginkan.


B.PERMAINAN WARNA
Untuk warna yang digunakan dalam website tersebut adalah didominasi dengan warna ungu,kemudian latar belakangnya adalah abu-abu dan web ini juga tidak banyak mempermainkan warna supaya tidak terlihat luwes atau berantakan.


C.FONT(TULISANNYA)




Mengenai tulisannya,disesuaikan dengan background yang bersangkutan. Terlihat pada gambar berikut background yang digunakan adalah warna putih,sehingga digunakan warna tulisan yang tidak bertabrakan warna dengan warna putih tersebut.Jadi,Warna tulisan yang digunakan adalah biru dan hitam agar tidak bertabrakan warna dengan warna putih.Penggunaan warna tulisan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan untuk pembuat web. Karena bila warna yang digunakan sama atau saru,maka pembaca akan terganggu penghlihatannya dan itu menjadi nilai mines tersendiri untuk kualitas dari web yang sudah anda buat.



 -USABILITY(KEMUDAHAN DALAM BERINTERAKSI DENGAN WEB)


Hal yang ditekankan dalam usability adalah dalam navigasi webnya. Navigasi ini adalah sebuah peralatan-peralatan dalam web untuk mempermudah pembaca yang masih awam dalam mengoperasikan web kita.
Untuk website http://seminar.gunadarma.ac.id/v2  sendiri, pembuat web sudah memberikan navigasi-navigasinya tersendiri agar pembaca web mendapat kemudahan-kemudahan dalam website tersebut.
Antara lain:

 Navigasi Category, dengan adanya navigasi ini para pembaca dapat memilih jenis berita secara spesifik.Tanpa perlu menscroll dengan lelahnya,bila pembaca ingin mengetahui info tentang seminar cukup memilih category seminar dan semua berita tentang seminarpun akan ditampilkan.




Navigasi Layanan, dengan adanya navigasi ini,para pembaca disuguhkan layanan-layanan dari website itu sendiri.Telah disediakan tab download,jika pembaca ingin mengambil materi yang diinginkan mengenai seminar dan workshopnya.Lalu ada sesi pendaftaran secara online,sehingga kita tidak perlu mencari-cari lagi informasinya di sumber lain karena pada website ini sudah disertakan.

Navigasi Social Media, Ingin memberitahukan informasi yang ada di website ini kepada teman anda??dengan adanya navigasi ini kita bisa menshare berita yang ada dengan cepat karena sudah saling terhubung satu lama lain dengan navigasi pada web ini.  Dengan adanya navigasi ini pun kita tidak perlu repot-repot mencari social media gunadarma di tempat lain karena di web ini sudah disediakan.






-ACCESIBILITY(TERBUKA UNTUK UMUM DAN SIAPA SAJA)

Umum disini maksudnya dari golongan apa saja boleh melihat web ini, Untuk yang cacat,mencakup cacat fisik,cacat lelet koneksi internet dan sebagainya. Untuk yang cacat atau lelet dalam koneksinya,website ini sengaja dibuat sesimple mungkin agar tidak berat pada saat loading atau proses pembukaan websitenya.Sebisa mungkin website ini to the point dalam memberikan informasinya agar pembacanya tidak disuguhkan hal-hal yang bertele-tele sehingga bisa menurunkan kualitas dari web itu sendiri. Untuk masalah cacat fisik tadi,agar pembacanya tidak terlalu lelah maka digunakan navigasi search tadi agar berita yang diinginkan bisa diakses secara cepat dan mudah. Dan ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan,website ini memang versi terbaru,sehingga apabila kita hanya mengetikkan website dengan alamat ini saja www.seminar.gunadarma.ac.id maka yang terlihat adalah gambar berikut,yang menunjukkan bahwa website itu sudah tidak diatur lagi oleh administratornya.




Dan sekianlah postingan saya kali ini tentang review dari website seminar gunadarma. Apabila ada kesalahan dalam penulisan kata,mohon dimaafkan dikarenakan saya juga masih belajar.Semoga postingan ini bermanfaat untuk pembaca.
Terima kasih  ^_^

8 komentar:

Blognya Devita
2 April 2012 pukul 21.17

web ini sangat bagus menurut saya, sehingga kita bisa terus mengetahui jadwal seminar yang ter-update

achmad
3 April 2012 pukul 16.53

Sesuai dengan nama webnya,yaitu membahas seminar,
Seminar merupakan salah satu kegiatan untuk pembelajaran dari mahasiswa itu sendiri karena kita bisa mendapatkan informasi2 tambahan berupa presentasi umum secara publik,
Perkembangan dari web seminar ini sangat besar diharapkan,
nice share
:D keep posting,

Puyu
4 April 2012 pukul 05.28

Ini penjelasan paling lengkap dari beberapa ulasan mengenai web yang telah saya baca sebelumnya. Selamat ya!. btw, saya juga jarang sekali mencari informasi tentang seminar disini kecuali beritanya diterbitkan di studentsite. Terimakasih postingannya, saya jadi lebih mendapatkan pencerahan tentang sub-sub yang dimaksud dalam ulasan mengenai web. *cheers*

eRNa_Rohm5027
4 April 2012 pukul 07.04

terima kasih atas komentarnya.. sebelumnya saya juga tidak begitu tahu tentang web ini, tetapi pada saat saya membuat ulasan ini pengetahuan saya jadi nambah, namun apabila ada yang kurang atau salah info, mohon bantuannya untuk diluruskan :)

Unknown
4 April 2012 pukul 07.29

Pembahasannya cukup menarik , selain seminar buat menambah ilmu pengetahuan juga dapat memperbanyak teman ,, ternyata web seminar itu cukup simple ya kalo menurut saya, mungkin dari segi penjelasannya yang cukup baik dan lengkap serta bahasa yang mudah di pahami,,
Good Luck, kerja yang bagus

oiya buat yang mau tahu info tentang lab ti silahkan mampir di

http://deelavian.blogspot.com/2012/03/mengulas-tentang-subweb-gunadarma-ti.html

Ranggacun
4 April 2012 pukul 21.26

woooww i like it.
saya tau situs ini , setiap mau mencari seminar atau semacamnya saya sering main main kesitus ini
penjelasan yang bagus !
:cendol:

Bulba
27 Desember 2016 pukul 23.17

gunadarma selalu memberikan seminar yang bermanfat bagi mahasiswa nya,
yuk kunjungi, http://seminar.gunadarma.ac.id/

Anonim mengatakan...
1 Juli 2021 pukul 18.51

Nice Blogg

https://ittelkom-sby.ac.id/%3EVisit

Posting Komentar