Minggu, 28 Oktober 2012

Fungsi Tools Coreldraw


Coreldraw, adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa,Kanada.Program ini juga digunakan dalam ilmu desain grafis terutama dalam bidang vektornya.
Adapun tool-tool yang ada dalam coreldraw adalah sebagai berikut:

1.Pick Tool
                                                                                                                                                 

Pick Tool digunakan untuk mengambil atau memilih objek yang ingin dipilih.Bisa juga bertugas sebagai move tool karena bisa menggerak-gerakkan objek yang dipilih.Tool ini juga bisa digunakan untuk menghentikan seleksi gambar yang terjadi.







2.Shape Tool

Shape Tool ini digunakan sebagai sebuah fasilitas pengeditan kurva.Dengan tool ini anda dapat melakukan proses pengeditan kurva dengan mengatur control point pada kurva.






3.Zoom Tool
Zoom tool ini digunakan untuk memperbesar ukuran sebuah/beberapa objek sehingga garis pervektornya menjadi terlihat jelas.Gunakan tool ini apabila ingin melihat apakah ada kesalahan dalam penseleksian gambar atau tidak.







4.Freehand Tool

Tool ini memiliki fungsi untuk membuat sebuah ilustrasi garis.Dengan tool ini anda dapat membuat sebuah garis lurus ataupun abstrak seperti menggunakan pensil biasa.





5.Smart Fill Tool
Tool ini digunakan untuk menuangkan warna, atau mengisi warna dalam objek yang sempurna secara menyeluruh.Bisa dikatakan apabila tiap sudut garis tidak tersambung dengan rapi, maka smartfill ini tidak akan mengisi objek secara keseluruhan.








6.Rectangle Tool
Tool ini digunakan untuk membuat sebuah objek persegi panjang secara rapi dan teratur.Berbeda dengan freehand tool, tool ini khusus membentuk objek persegi panjang tersebut tanpa ada garis yang tertinggal atau terpotong.







7.Circle Tool

 Lain hal dengan Rectangle, Circle tool digunakan untuk membuat sebuah objek lingkaran secara rapi dan teratur.
 Penggunaan tool ini diperlukan bila kita ingin membuat sebuah lingkaran tanpa perlu waktu yang lama.







8.Text Tool

Tool ini digunakan untuk memasukkan teks kedalam sebuah objek.
Dengan tool ini anda bisa memasukkan jenis teks yang anda inginkan,tentunya jika ingin variasi tulisan yang berbeda anda harus menambahkan jenis font-font kedalam system komputer anda.













9.Outline Tool
Tool ini digunakan untuk membuat garis tepi pada lembar kerja coreldraw.Ukuran dari garis-garis tersebut dapat diatur sizenya tergantung seberapa besar kebutuhan anda dengan outline tersebut.








10.Eye Dropper Tool

Tool ini digunakan untuk menyalin warna dari lembar kerja Coreldraw, dalam tool ini tersimpan 2 tool yang fungsinya saling berhubungan, yakni 
Color Eyedropper  dan Attributes Eyedropper.









Sekian sekilas mengenai tool-tools yang ada dalam coreldraw, untuk menggunakan program ini ada spesifikasi hardware yang diperlukan, yaitu sebagai berikut:
Untuk Coreldraw X6: 

> Microsoft® Windows® 7, Windows Vista®, Windows® XP (32-bit or 64-bit editions).
> Intel® Pentium® 4, AMD Athlon™ 64 or AMD Opteron™.
> 512 MB RAM (1 GB recommended).
> 750 MB hard disk space (1 GB for typical 
installation without content). 
> Mouse or tablet.
> 1024 x 768 screen resolution (768 x 1024 on a Tablet PC).
> DVD drive
> Microsoft® Internet Explorer® 7 or higher.

0 komentar:

Poskan Komentar