Sabtu, 11 Desember 2010

Hubungan Sosial Masyarakat dibidang Teknik Informatika

KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “Hubungan Sosial Masyarakat dibidang Teknik Informatika”. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah “Ilmu Sosial Dasar”

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penyusuni mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.

Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Jakarta, Desember 2010

Penyusun

DAFTAR ISI

Bab I Pendahuluan

1.1. Latar Belakang

1.2. Tujuan

Bab II Pembahasan

2.1. Masyarakat Sosial

2.2. Teknologi dalam kehidupan masyarakat

2.3. Dampak negative kemajuan teknologi komunikasi

Bab III Penutup

3.1. Kesimpulan

3.2 Saran

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Perkembangan dunia teknologi yang telah ada saat ini, membuat semua pekerjaan terlihat mudah. Peralatan yang dahulunya rumit dan tradisonal saat ini telah berganti dengan peralatan yang otomatis. Mesin-mesin yang bekerja secara otomatis dan lebih cepat mengalih fungsikan tenaga otot manusia. Kemajuan teknologi yang berkembang saat ini benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.

1.2. Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini, yaitu sebagai berikut:

Ø Menambah pengetahuan mengenai hubungan social yang terjalin antara manusia dengan kemajuan teknologi.

Ø Meningkatkan kesadaran bahwa masyarakat harus kritis dan tanggap terhadap perkembangan zaman

BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Masyarakat dan sosial

Masyarakat yang merupakan terjemahan dari istilah society, merupakan sekelompok orang yang membentuk suatu sistem yang semi tertutup ataupun semi terbuka, yang mana interaksi sebagian besar adalah antara perorangan yang berada di dalam kelompok masyarakat tersebut. Kata society sendiri berasal dari kata dalam bahasa latin yaitu societas. Societas berarti hubungan persahabatan antara satu dengan yang lain. Societas sendiri diturunkan dari kata socius yang memiliki arti kawan atau teman.

Diperlukannya sebuah sosialisme dalam sebuah masyarakat dasarnya bertujuan untuk mengendalikan tingkah laku kita dilingkungan masyarakat agar tidak bertindak sewenang-wenang. Kehidupan bermasyarakat selalu menimbulkan hubungan antar sesame manusia dalam suatu lingkungan kehidupan tertentu. Oleh karena itu manusia sering disebut sebagai makhluk social, karena memang manusia tidak dapat hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhannya.

2.2. Teknologi dalam kehidupan masyarakat

Pada zaman modern seperti saat ini computer telah mengalami evolusi dan sudah mencapai generasi kelima. Teknologi yang semakin berkembang itu dibuat untuk membantu menyelesaikan sebuah permasalahan dengan mudah dan cepat.

Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Ada beberapa manfaat teknologi yang sesuai dengan bidangnya masing-masing, seperti dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan. Berikut ini adalah penerapan teknologi yang sesuai dengan bidangnya masing-masing:

A. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan


Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

B. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

C. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan


Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

D. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan


Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

E. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan


Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

2.3. Dampak negative kemajuan teknologi komunikasi

Kemajuan teknologi untuk sebagian orang justru memberikan dampak negatif terhadap kualitas dari hubungan yang mereka jalin. Dampak negative itu dianranya:

· Belakangan ini masyarakat lebih nyaman mengumpulkan teman-teman didunia maya daripada aktif pada kegiatan-kegiatan organisasi riil yang dapat memberikan kualitas hubungan pertemanan yang lebih kongkrit dan intents.

· Meskipun dipandang banyak memberikan banyak manfaat, kemajuan teknologi ternyata menjadi salah satu factor yang menyebabkan ditinggalkannya budaya lokal. Misalnya, sistem sasi (sistem asli masyarakat dalam mengelola sumber daya kelautan/daratan) dikawasan Maluku dan Irian Jaya. Sistem sasi mengatur tata cara sertamusim penangkapan ikan di wilayah adatnya, namun hal ini mulai tidak di lupakan oleh masyarakatnya.

· Banyak orang yang dipecat dari pekerjaannya karena tenaga mesin lebih cepat dibandingkan dengan tenaga manusia.

· Banyak yang melakukan tidak terpuji didunia maya, seperti melakukan perjudian, melakukan penipuan dan ajang untuk melihatkan pornografi.

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dalam makalah ini, dapat saya simpulkan bahwa, masyarakat pada saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya perkembangan teknologi. Hubungan antara manusia dan perkembangan teknologi saat ini sudah saling ketergantungan. Diantara keduanya sudah saling melengkapi satu sama lain, akan tetapi karena adanya hal ini, manusia pada saat ini cenderung mengandalkan kemajuan zaman, sehingga adat, kebiasaan, dan semuanya yang serba tradisional mulai ditinggalkan.

3.2 Saran

Saran saya adalah maupun disekitar kita dikelilingi oleh kemajuan teknologi, tetapi janganlah kita melupakan budaya atau tradisi yang sudah ada sejak dahulu. Apabila kita ingin berinteraksi melalui dunia maya yang sedang buming saat ini, manfaatkan dengan sebaik mungkin jangan sampai kita salah menggunakan fasilitas-fasilitas yang sudah tersedia.

DAFTAR PUSTAKA

www.google.com

www.wikipedia.com

http://yosephsimon.blog.ugm.ac.id/2009/05/07/perspektif-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-masyarakat/

http://media.diknas.go.id/media/document/5512.pdf

http://endutendut.blogspot.com/2010/01/bentuk-bentuk-hubungan-sosial-dan.html

http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2010/11/20/pengaruh-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-era-globalisasi/

0 komentar:

Poskan Komentar