Selasa, 22 Februari 2011

manusia dan kebudayaan


Manusia dan Kebudayaan


Nama : Erna Rohmawati

NPM : 52410414

kelas : 1ia09


Seiring dengan berkembangnya zaman, manusia dan kebudayaan sudah tidak bisa dipisahkan lagi. Beragam kebudayaan telah berkembang saat ini. Manusia yang menciptakan budaya dan sudah seharusnya manusia pula yang menjaga dan melestarikan kebudayaan tersebut, baik di negaranya maupun di negara orang.

· Hakikat Manusia.

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Secara umum manusia adalah makhluk sosial yaitu makhluk yang tidak bisa hidup sendiri. Ada beberapa teori mengenai hubungan antar manusia, diantaranya:

1. Teori Transaksional (model Pertukaran Sosial)

Menurut teori ini, hubungan antar manusia (interpersonal) itu berlangsung mengikuti kaidah transaksional, yaitu apakah masing-masing merasa memperoleh keuntungan dalam transaksinya atau malah merugi. Jika merasa memperoleh keuntungan maka hubungan itu pasti mulus, tetapi jika merasa rugi maka hubungan itu akan terganggu , putus, atau bahkan berubah menjadi permusuhan.

2. Teori Peran

Menurut teori ini, sebenarnya dalam pergaulan sosial itu sudah ada skenario yang disusun oleh masyarakat, yang mengatur apa dan bagaimana peran setiap orang dalam pergaulannya.

3. Teori Permainan

Menurut teori ini, klasifikasi manusia itu hanya terbagi tiga, yaitu anak-anak, orang dewasa dan orang tua. Anak-anak itu manja, tidak mengerti tanggungjawab, dan jika permintaanya tidak segera dipenuhi ia akan nangis terguling-guling atau ngambek. Sedangkan orang dewasa, ia lugas dan sadar akan tanggungjawab, sadar akibat dan sadar resiko. Adapun orang tua, ia selalu memaklumi kesalahan orang lain dan menyayangi mereka. http://www.unjabisnis.com/2010/11/hakekat-dan-teori-tentang-manusia.html

Sementara itu, Pengertian hakikat manusia yaitu dimana manusia adalah mahluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh Allah SWT. Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah dimuka bumi ini. Al-Quran menerangkan bahwa manusia berasal tanah dengan mempergunakan bermacam-macam istilah, seperti : Turab, Thien, Shal-shal, dan Sualalah.www.goole.com


Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk yang sempurna, mempunyai anggota tubuh yang lengkap.




· Kepribadian Bangsa Timur.

Kebudayaan yang ada saat ini sudah beragam, dalam suatu wilayah pasti mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda. Wilayah tersebut tentunya juga mempunyai adat istiadat, kepribadian, dan aturan masing-masing. Saat ini ada yang dinamakan bangsa Barat, Timur dan Timur tengah. Indonesia sendiri tergolong dalam bangsa Timur. Bangsa Timur yang cenderung berkepribadian baik, yang sangat ramah, yang sangat ramah dan saling tolong menolong satu sama lain. Berbeda sekali dengan budaya barat, yang cenderung bebas dan tidak mempunyai aturan-aturan tertentu. Maupun kita sebagai warga negara Indonesia mempunyai beragam kebudayaan, tapi kita tetap satu, seperti yang digambarkan dalam lambang negara kita yaitu garuda pancasila.

















· Bagan psiko-sosigram manusia
















· Nomor 7 dan 6 adalaha bagian tak sadar dan sub sadar,berada di alam bawah sadar pikiran kita. Misalnya tentang harapan dan impian.

· Nomor 5 dan 4 adalah bagian kesadaran yang tidak dinyatakan dan dinyatakan. Yang tidak dinyatakan misalkan seseorang mempunyai pendapat tetapi tidak bisa mengatakan karena takut dimarahi. Sementara yang dinyatakan adalah seseorang mempunyai gagasan dan berambisi untuk mewujudkannya.

· Nomor 3 adalah lingkungan hubungan karib. Artinya seseorang mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan binatang atau benda apapun sehingga dia selalu mencurahkan isi hatinya kepada hal tersebut ketika dia merasa tidak kuat lagi. Setiap orang memang mempunyai kecendrungan terhadap hal seperti ini.

· Nomor 2 adalah lingkungan hubungan berguna. Artinya seseorang mempunyai hubungan yang dekat dengan seseorang sehingga dia selalu merasa nyaman ketika berada didekat orang tersebut.

· Nomor 1 adalah lingkungan hubungan jauh. Artinya seseorang mempunyai intuisi untuk melakukan suatu tindakan. Bisa dikatakan seperti mengikuti kata hati.

· Nomor 0 adalah lingkungan dunia luar. Artinya seseorang melakukan interaksi dengan orang lain dengan membentuk suatu komunitas dan ditempat tertentu untuk menjalin komunikasi yang baik.


· Definisi kebudayaan

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia. Budaya dalam pengertian yang luas adalah pancaran daripada budi dan daya. Seluruh apa yang difikir, dirasa dan direnung diamalkan dalam bentuk daya menghasilkan kehidupan. Budaya adalah cara hidup sesuatu bangsa atau umat. Budaya tidak lagi dilihat sebagai pancaran ilmu dan pemikiran yang tinggi dan murni dari sesuatu bangsa untuk mengatur kehidupan berasaskan peradaban.













· Tujuh unsur kebudayaan universal

Suatu kebudayaan disebut universal, karena kebudayaan tersebut dapat ditemukan pada semua kebudayaan bangsa-bangsa di dunia. Ada tujuh unsur kebudayaan universal, yaitu:

1. Sistem religi, merupakan produk manusia sebagai homo religious yang memiliki kecerdasan pikiran dan perasaan luhur, meliputi:

· Sistem kepercayaan

· Sistem nilai dan pandangan hidup

· Komunikasi keagamaan

2. Sistem kemasyarakatan atau organisasi social, merupakan produk dari manusia sebagai homo socious. Maksudnya adalah bahwa manusia akan berinteraksi dengan sesama. Karena manusia mahluk sosial, tidak bisa hidup sendiriyang meliputi:

· Kekerabatan

· Asosiasi dan perkumpulan

· Sistem kenegaraan

· Sistem kesatuan hidup

· Perkumpulan

3. Sistem pengetahuan, merupakan produk manusia sebagai homo sapiens. Maksudnya adalah bahwa mansuia pintar dalam mencoba hal-hal baru dengan demikian akan menciptakan suatu pengetahuan, meliputi pengetahuan tentang:

· Flora dan Fauna

· Waktu, Ruang dan Bilangan

· Tubuh manusia dan perilaku antar sesama manusia.

4. Bahasa merupakan produk dari manusia sebagai homo longuens. Dengan bahasa, manusia dapat bersosialisasi dengan sesamanya. Macam-macam bentuk komunikasi :

· Lisan

· Tulisan

5. Kesenian, merupakan hasil dari manusia sebagai homo aesteticus.dengan kesenian, manusia dapat merasakan keindahan yang ada di alam ini, yang meliputi:

· Seni patung/pahat

· Relief

· Lukis dan gambar

· Rias

· Vokal

· Musik

· Bangunan

· Kesusastraan

· Drama

6. Sistem mata pencaharian hidup atau sistem ekonomi, Merupakan produk manusia sebagai homo economicus menjadikan tingkat kehidupan manusia secara umum terus meningkat. Maksudnya adalah bahwa manusia ingin berkehidupan yang layak dari sisi ekonomi, meliputi:

· Berburu dan mengumpulkan makanan

· Bercocok tanam

· Peternakan

· Perikanan

· Perdagangan

7. Sistem peralatan hidup atau teknologi, merupakan produk dari manusia sebagai homo faber. Dengan pemikiran cerdas dari manusia dibantu dengan tangannya dapat membuat alat dan teknologi untuk kehidupan manusia meliputi:

· Produksi, distribusi, transportasi

· Peralatan komunikasi

· Peralatan konsumsi dalam bentuk wadah

· Pakaian dan perhiasan

· Tempat berlindung dan perumahan

http://geo-redaksi.blogspot.com/2008/09/unsur-unsur-budaya-universal.html

· Tiga wujud kebudayaan menurut dimensi wujudnya.

Menurut dimensi wujudnya, kebudayaan mempunyai 3 wujud, yaitu :

1. Wujud ini disebut sistem budaya, sifatnya abstrak, tidak dapat dilihat, dan berpusat pada kepala-kepala manusia yang menganutnya

2. Kompleks aktivitasBerupa aktivitas manusia yang saling berinteraksi, bersifat kongkret, dapat diamati. Wujud ini sering disebut sistem sosial. Sistem sosial terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang berinteraksi dengan manusia lainnya di setiap waktu. Contoh: wujud kebudayaan ini adalah keadaan masyarakat. Misalnya saja saat kita ke warung, kita akan berinteraksi.

3. Wujud sebagai bendaAktivitas manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari berbagai penggunaan peralatan sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuannya. Aktivitas tersebut menghasilkan benda untuk keperluan hidupnya. Contohnya : batik

http://andreadiantowibowo.wordpress.com/2010/02/18/tugas-ibd/



opini:

Menurut pendapat saya, antara manusia dan kebudayaan itu memang sulit dipisahkan. Kebudayaan itu ada karena manusia yang menciptakannya dan manusia dapat bertahan dikarenakan adanya sebuah kebudayaan, seperti adat-istiadat, aturan-aturan yang ada dilingkungan sekitarnya dan lain-lain. Kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, yang diberikan akal dan pikiran, sudah seharusnya kita bersikap sebagaimana manusia yang mempunyai akal dan pikiran. Kita harus tetap bersyukur dengan apa yang terjadi pada diri kita, jangan pernah mengeluh dengan keadaan karena tak ada gunanya kita mangeluh. Seandainya kita mengalami suatu masalah janganlah sungkan untuk meminta kepada yang menciptakan kita Tuhan Yang Maha Esa. Janganlah kita bersikap yang nantinya malah merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Sebagaimana yang telah dipaparkan diatas kita sebagai makhluk sosial yang memiliki beragam kebudayaan, kita harus bersama-sama menjaga dan melestarikan kebudayaan tersebut. Bersama-sama memperkenalkan kebudayaan bukan hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Bergotong royong dan berpikir bagaimana caranya memajukan negeri ini tentunya dengan aturan-aturan yang berlaku di bangsa timur dan pastinya dengan aturan yang sudah ditentukan oleh Tuhan. Maupun kita sebagai bangsa timur tertinggal jauh dengan bangsa barat, namun sudah seharusnya kita bersyukur karena bangsa timur masih manganut norma-norma yang berlaku dan tidak menutup kemungkinan kita akan terhindar dari perbuatan yang tercela dan insyaallah kita terjaga baik didunia maupun diakhirat nanti. Aminnn


0 komentar:

Poskan Komentar