Senin, 07 Oktober 2013

TUGAS SOFTSKILL 1

1.  Sumber Daya Manusia (SDM)

Buatlah sebuah artikel mengenai sebuah wirausaha melakukan perencanaan dan perekrutan tenaga kerja.
Pada tugas softskill kali saya saya akan membahas mengenai sebuah wirausaha yang di dalamnya terdapat sebuah perencanaan dan perekrutan tenaga kerja.

Wirausaha itu sendiri menurut saya adalah sebuah peluang usaha yang bisa menciptakan tenaga kerja sendiri. Wirausaha bisa dilakukan oleh kita sendiri ataupun melibatkan banyak orang. Karena ini bisa melibatkan banyak orang oleh karena itu faktor SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan faktor penting dalam menjalankan sebuah usaha. Agar usaha kita berjalan dengan lancar, maka di perlukan SDM yang handal dalam bidangnya masing-masing. Selain itu dalam sebuah perusahaan kita memerlukan yang namanya perencanaan.

Perencanaan adalah termasuk salah satu langkah awal untuk menjalankan suatu usaha. Perencanaan itu dapat berupa modal yang akan kita keluarkan untuk usaha itu sendiri, lokasi untuk mendirikannya dan harus di perhitungkan juga mengenai hasil yang akan di dapatkan nantinya. Besarnya modal yang dikeluarkan biasanya disesuaikan dengan keuangan si pendiri perusahaan dan jenis usaha apa yang akan dijalankan. Biasanya jika pendiri perusahaan hanya memiliki sedikit modal maka usaha yang dijalankan juga hanya usaha kecil, begitu pula sebaliknya. Namun seiring dengan berjalannya waktu jika usaha kecil itu berjalan dengan lancar maka si pendiri akan memperoleh keuntungan atau hasil yang mungkin melebihi dari target. Semua keuntungann itu tidak lepas dari bagaimana si pendiri dan orang-orang yang membantu untuk menjalankan usaha tersebut mengolah usaha itu dengan baik. Mulai dari keuangan sampai bagaimana interaksi antara si penjual dengan si pembeli. Keuntungan – keuntungan yang di dapat juga tidak lepas dari lokasi untuk menjalankan usaha tersebut. Agar usaha berjalan dengan lancar tentunya kita harus memilih lokasi yang strategis. Jika lokasi sudah strategis maka mudah untuk mencari orang yang minat terhadap usaha tersebut. Sebelum menentukan lokasi sebaiknya si pendiri melakukan survey terlebih dahulu.

Setelah melakukan perencanaan maka langkah selanjutnya bisa melakukan perekrutan tenaga kerja. Perekrutan tenaga kerja ini juga termasuk factor penting dalam sebuah perusahaan dan ini bisa menentukan bagaimana nasib perusahaan kedepannya. Seperti yang telah dibahas diatas, agar perusahaan berjalan dengan lancar maka tenaga kerja atau SDM yang dibutuhkan harus SDM yang handal di bidangnya masing-masing.  Tentunya yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap apa yang dikerjakannya. Dalam merekrut tenaga kerja kita harus cermat, karena nantinya merekalah yang akan membantu kita mulai dari memproduksi barang, mempromisikan sampai memasarkan barang tersebut.

      2.  Tanggung Jawab Sosial

Buatlah sebuah artikel yang menceritakan sebuah wirausaha atau sebuah perusahaan kecil / besar dalam menjalankan tanggung jawab sosial terhadap konsumen dan juga lingkungan sekitar tempat usaha

Setelah berhasil mendirikan perusahaan yang mempunyai banyak karyawan dan mempunyai pelanggan. Perusahaan tersebut harus bertanggung jawab atas apa yang dihasilkan. Misalkan, perusahaan tersebut mengeluarkan sebuah prooduk, maka produk tersebut harus diberikan garansi, jadi jika produk mengalami kerusakan pelanggan bisa memakai garansi tersebut, tentunya garansi tersebut harus ada masa berlakunya. Dalam mengeluarkan produk perusahaan juga harus memberikan informasi yang benar mengenai produk tersebut. Produk juga harus berkualitas dan tentunya harga yang di tawarkan terjangkau. Supaya produk tersebut banyak peminatnya. Perusahaan juga harus menerima saran dan kritik yang diberikan oleh para konsumen karena itu dapat membantu perusahaan untuk mengeluarkan produk-produknya.

Selain harus bertanggung jawab terhadap konsumen seperti yang dijelaskan diatas, perusahaan juga memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan di sekitarnya. Seperti menjaga kebersihan peralatan yang digunakan agar tidak merugikan konsumen. Meminimalisir limbah yang di keluarkan oleh perusahaan agar lingkungan di sekitar perusahaan tidak tercemar. Kalau memang limbah yang di keluarkan banyak, lebih baik perusahaan memilih limbah yang dapat di daur ulang atau membuang limbah pada tempatnya. Selain masalah limbah, apabila perusahaan tersebut berdiri di daerah yang jumlah penganggurannya banyak, tidak ada salahnya perusahaan tersebut mempekerjaan mereka, tentunya di tempatkan pada posisi yang sesuai dengan keahliannya. Agar sama-sama saling menguntungkan.

Perusahaan yang baik seharusnya mengerti akan kebutuhan konnsumen dan mengerti tentang lingkungan di sekitarnya. Perusahaan lebih baik memproduksi bahan yang sesuai dengan standart yang telah diberikan pemerintah dengan menjelaskan secara lengkap komosisi dari produk tersebut. Dan 

0 komentar:

Poskan Komentar