Jumat, 25 November 2011

Pengertian internet dilihat dari dampaknya terhadap Social Culture(Sosial Budaya)




Pengertian internet untuk masyarakat
Internet (international networking) merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internatioanal) yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
Fasilitas internet
  • WORLD WIDE WEB( WWW)
  • ELEKTRONIC MAIL (E-MAIL)
  • TELNET
  • FILE TRANSFER PROTOKOL (FTP)
  • GOPHER
  • CHAT GROUP / INTERNET RELAY CHAT
  • NEWSGROUP
Syarat terhubungnya internet
  • Adanya modem
  • Telepon
  • SoftwareInternet Service Provider (ISP)
Saat ini bukan hanya orang yang sudah dewasa saja yang menggunakan internet, bahkan anak-anak pun sudah kenal dengan yang namanya internet. Saat ini internet juga digunakan sebagai sarana pendidikan, pekerjaan dan juga hiburan. Perkembangan internet yang begitu pesat bisa berdampak baik dan buruk pagi para penggunanya.
Dampak Positif terhadap sosial culture:
  1. Adanya internet banyak informasi yang di dapat sesuai dengan kebutuhan kita. Terutama informasi mengenai kebudayaan, teknologi, pendidikan dll.
  2. Internet mempermudah kita untuk saling bertukar informasi, informasi yang kita dapatkan pun dengan cepat sampainya.
  3. Melalui internet kita dapat melakukan bisnis jual beli. Saat ini banyak situs yang mempermudah kita untuk melakukan perbisnisan. Misalnya kita akan menjual suatu barang, kita tidak usah repot-repot untuk berteriak-teriak dipinggir jalan untuk menawarkan barang tersebut, cukup share barang yang kita jual tentunya dengan tawaran yang menarik.
Dalam penggunaan internet, seiring dengan berkembangnya suatu zaman, internet juga mempunyai dampak negatif yang bisa merusak mental suatu bangsa.
Dampak negatif terhadap sosial culture :
  1. Banyaknya situs yang ada terkadang membuat kita harus mengerutkan jidat. Situs yang tersedia bukan hanya situs yang layak di konsumsi public tapi juga situs yang sangat amat tidak layak untuk dikonsumsi. Apabila situs tidak layak itu terbuka oleh anak-anak dibawah umur, apakah hal itu tidak membuat mental mereka jadi rusak??
  2. Adanya internet terkadang kita lupa waktu, dan terkadang dengan adanya internet waktu kita terbuang secara percuma, secara sia-sia, pekerjaan lain pun bisa terbengakalai karena kita sedang sibuk download atau update status misalnya.
  3. Adanya internet bisa membuat kita terpengaruh dengan dunia luar. Mengikuti gaya orang barat dan menomor duakan budaya sendiri.
  4. Pada saat kita sedang mengunjungi salah satu warnet tidak jarang anak-anak dibawah umur sedang asyik bemain yang namanya gameonline dan itu membuat mereka menomor duakan tugas mereka sebagai pelajar.




NAMA : ERNA ROHMAWATI
KELAS : 2IA11
NPM : 52410414

0 komentar:

Poskan Komentar