Minggu, 23 Maret 2014

Penerapan Komputasi Modern pada Citilink

Komputasi modern terdiri dari dua kata yaitu komputasi dan modern. Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Komputasi merupakan subbagian dari matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental dan kadang-kadang menggunakan tabel. disebut modern karena menggunakan alat canggih saat menyelesaian masalah. Maka dapat di simpulkan Komputasi modern adalah perhitungan yang menggunakan computer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien.

Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah antara lain untuk menghitung:
Akurasi (bit, floating point)
Kecepatan (dalam satuanHz)
Problem volume besar (paralel)
Modeling (NN dan GA)
Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)

Jenis - jenis komputasi modern terbagi tiga, yaitu :
1.      Mobile Computing atau Komputasi Bergerak
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.


2.      Grid Computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.


3.      Cloud Computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Kali ini saya akan membahas mengenai web yang menggunakan cloud computing, yaitu web citilink. Di web tersebut para penumpang dapat memesan tiket melalui internet. Selain itu, karena sistem online, pemesanan tiket dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun anda berada. Terdapat banyak pilihan menu yang akan sangat membantu bagi calon penumpang. Informasi yang ditampilkan pada website ini juga selalu update. 

Berikut adalah tampilan awal website Citilink. Terdapat 5 menu utama yaitu Penerbangan, Kabar, Belanja, Stories dan menu Klub. Pada menu Penerbangan terdapat sub menu yang memberikan info kepada calon penumpang khususnya yang sudah membooking tiket , yaitu Jalur Pembayaran, rute & peta , info terminal, info & bagasi, condition and carriage dan biaya-biaya. Lalu menu News berisi berita pers serta berbagai promo dari Citilink yang hadir pada event-event tertentu. Kemudian bagi yang menginginkan membeli barang merchendise dari Citilink, bisa langsung mengunjungi menu Shop. Lalu menu Story berisi cerita catatan perjalanan dan Club semacam forum membership. Lalu, Bagaimanakah alur pemesanan tiket pesawat maskapai Citilink ? Berikut alur sederhananya: Untuk memesan tiket via online, kita bisa mengklik bagian Penerbangan dan cari penerbangan.

Dibawah ini adalah tampilan pata saat kita memasuki http://www.citilink.co.id/



Gambar dibawah ini adalah tampilan saat memilih daerah tempat dimana kita akan berangkat dan kota yang akan kita tuju. Disini juga kita dapat memilih tanggal keberangkatan dan tanggal kita akan kembali jika kita memilih penerbangan untuk pulang pergi. Selain itu kita juga memilih berapa orang yang akan menaiki pesewat tersebut.



Setelah kita memilih find flights kita akan diarahkan pada halaman jadwal penerbangan yang diinginkan. Di halaman ini di tampilkan jam keberangkatan dan harganya. Terdapat beberapa perbedaan harga tergantung pada low season atau high season (seperti musim liburan atau weekend)


Setelah memilih jadwal penerbangan dan harganya kita akan diarahkan ke halaman berikutnya yaitu pengisian data pribadi, seperti yang terlihat pada tampilan dibawah ini. 



Setelah kita klik lanjutkan maka akan diarahkan pada halaman asuransi perjalanan seperti pada gambar dibawah ini :



Dibawah ini adalah tampilan dimana kita bisa memilih baris dan row tempat duduk pesawat yang anda inginkan. Di sini ada dua pilihan, bisa memilih sendiri atau dari pihak Citilink yang akan memilihkannya. Apabila ingin memilih sendiri nomor tempat duduk yang kita inginkan, maka akan dikenakan biaya tambahan.



Setelah itu, diakhir adalah tampilan dimana kita dapat memilih metode pembayaran serta bank mana yang akan di gunakan untuk membayar tiket. Di sebelah kanan website, terdapat itenarry tiket pemesanan yaitu jumlah rincian biaya yang harus di bayarkan.




Komentar
Menurut saya, website maskapai penerbangan Citilink sudah cukup baik. Desain dan berbagai fitur yang disediakan sudah dapat dikatakan cukup memenuhi kebutuhan calon penumpang. Ditambah lagi dengan ditunjangnya website ini dengan teknologi komputasi awan sehingga calon penumpang bisa memesan dan mengakses data mereka selama terhubung dengan koneksi internet. 

Kelebihan:
  1. Dari tampilan sudah menarik
  2. Menampilkan informasi yang mudah dimengerti oleh para pengunjung web tersebut


Kekurangan:
Saat jaringan internet dalam performa yang tidak maksimal, tampilan website menjadi kurang sempurna dan agak lambat. Mungkin kurang ringan diakses saat jaringan dalam keadaan kurang baik, apalagi saat Citilink mengadakan promo, website terasa sulit sekali untuk diakses dalam kurun waktu tertentu.

Sumber :



1 komentar:

Mengenal HTML5
27 April 2014 19.46

Mobile aplikasi citilink sangat membantu dalam proses reservasi penerbangan

Poskan Komentar